covid-19 vs everybody

Assalamualaikum
Tulisan ini bermaksud  untuk ajakan perang melawan covid-19 kepada seluruh pembaca di mana pun berada. Pun ditujukan untuk membantu edukasi masyarakat secara online.

 | 
Editor: Virdita Rizki Ratriani

KOMPAS.com - Pemerintah kembali merilis data kasus positif virus corona di Indonesia.

Per Sabtu (4/4/2020), jumlah pasien positif virus corona di Indonesia mencapai 2.092 kasus. 

Sementara, jumlah pasien positif virus corona yang meninggal menjadi 150 kasus dan 191 orang berhasil sembuh. 

Virus corona memiliki ciri-ciri atau gejala saat menginfeksi orang. Tetapi, ciri-ciri atau gejala terinfeksi virus corona jenis penyebab Covid-19 hampir sama dengan gejala beberapa penyakit lainnya.

Gejala itu di antaranya demam, diikuti dengan batuk atau flu.

Ciri-ciri terinfeksi virus corona

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan sejumlah gejala seseorang mengidap Covid-19.

Gejala-gejala tersebut diketahui dari melihat apa yang dialami oleh para pasien yang sudah terkonfirmasi positif

Biasanya, pasien mengalami sejumlah hal berikut ini:

  • Demam
  • Batuk kering
  • Sesak napas

Dalam beberapa kasus, ada yang mengalami mual dan diare. Demam, batuk kering, dan sesak napas tersebut bisa terjadi dari tingkatan ringan hingga parah dalam kurun waktu 2-14 hari setelah seseorang terpapar virus.

Cara Mencegah Virus Corona Versi Situs WHO

CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
TECH
 
16 March 2020 19:07
Cara Mencegah Virus Corona Versi Situs WHO
Jakarta, CNBC Indonesia - World Health Organization (WHO) telah menaikkan status virus corona COVID-19 menjadi pandemi. Apakah acara mencegah tak terinfeksi virus corona?

Menurut WHO cara mencegah penularan virus corona dengan menerapkan hidup sehat dan menjaga kebersihan. Berikut saran WHO:


1. Cuci tangan sesering mungki
Cuci tangan secara teratur dan sesering mungkin dengan sabun dan air atau bahan mengandung alkohol akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan kamu.

2. Terapkan social distancing

Jaga jarak minimal 1 meter dengan mereka yang batuk atau bersih. Alasannya, ketika seseorang batuk atau bersin atau bersih, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika terlalu dekat, kamu bisa menghirup tetesan air yang mungkin saja mengandung virus COVID-19.

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut

Tangan menyentuh banyak permukaan dan virus mungkin menempel di sana. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut kamu. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh dan bisa membuat sakit.

4. Lakukan aturan bersin yang benar

Pastikan kamu, dan orang-orang di sekitar untuk selalu menutupi mulut dan menutupi hidung dengan siku tangan yang ditekut ketika batuk atau bersih. Kemudian segera buang tisu bekasnya. Alasannya, tetesan menyebarkan virus.

5. Jika mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segeralah berobat

Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat. Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan ikuti arahan otoritas kesehatan setempat. Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda.

Semoga blog ini membuat kita lebih hati hati dalam melakukan kegiatan apapun stay safe